Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Bakti Sosial Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Sleman Yogyakarta

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Bakti Sosial Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Sleman Yogyakarta

Bakti Sosial BEM FE - Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta

Bakti Sosial Badan Eksekutif  Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta di Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati  Sleman Yogyakarta

Beberapa waktu yang lalu para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan (BEM FE UAD) mengadakan bakti sosial di lingkungan Panti Asuhan Al- Hakim Sinar Melati 2 (Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta) yang berlokasi di Dusun Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Bakti sosial ini bertujuan agar anggota BEM FE UAD mempunyai kepedulian yang lebih tinggi lagi dan mengenal keadaan dan berbagai tantangan sosial lainnya yang terjadi di berbagai lapisan masyarakat, dalam hal ini santri di Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin ukuwah dengan anak-anak serta para pengurus panti asuhan.

Bakti Sosial BEM FE - Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta (2)

Bakti Sosial BEM FE – Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta (2)

Anggota BEM FE UAD yang berjumlah puluhan orang didampingi dengan dosen pembimbing datang dengan menggunakan bis. Kedatangan mereka di sambut langsung pengurus panti asuhan dan anak didik yang ada di panti. Sebagian dari mereka mengenakan jas almamater yang menjadi ciri identitas dan kebanggan mahasiswa.

Di panti asuhan Al Hakim sendiri mempunyai anak didik dan sejumlah pengurus sekitar 100 orang. Di Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta mereka diberi bekal berbagai ilmu pengetahuan, bersikap mandiri dan etika yang sesuai dengan ajaran Agama Islam. Mereka terdiri dari berbagai daerah dengan latar belakang yang beragam yang kebanyakan dari mereka tergolong anak yatim piatu maupaun anak yang kurang mampu dan anak terlantar. Untuk itu atas kepedulian para dermawan yang mengumpulkan modal membangun panti asuhan, anak yang kurang beruntung tadi dapat kesempatan belajar dan menuntut ilmu. Pengurus panti asuhan berusaha menyiapkan makanan sehari-hari yang mempunyai nilai gizi yang baik.

Bakti Sosial BEM FE - Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta (3)

Bakti Sosial BEM FE – Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta (3)

Setelah rombongan sampai maka dilaksanakan berbagai kegiatan seperti sambutan dari Ketua Panitia, Ketua BEM FE UAD serta perwakilan pengurus Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta. Kemudian acara berlanjut dengan pembacaan sari tilawah, pemutaran video dan permainan yang edukatif agar anak-anak menjadi lebih kreatif, terampil dan belajar bekerja-sama serta mengajak mereka berfikir ke depan dengan permasalahan yang ada.

Acara yang selanjutnya adalah pembagian barang yang diserahkan perwakilan anggota BEM kepada perwakilan pengurus Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta. Dengan harapan barang tersebut dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi sesama. Barang tersebut merupakan sumbangan dan bantuan dari anggota BEM FE UAD.

Sebagai penutup ada sesi foto bersama antara anggota BEM FE UAD, anak-anak didik panti asuhan dan pengurus Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta.

Setelah acara bakti sosial tersebut diharapkan semua mendapatkan hikmah yang berarti. Bagi mahasiswa mungkin merupakan peristiwa langka dapat bertemu dengan anak-anak yang kurang mampu dan berlatar sosial yang beragam. Mereka patut bersyukur bahwa mereka dapat menuntut ilmu hingga ke perguruan tinggi dengan kondisi perekonomian yang lebih baik.Sedangkan bagi anak-anak panti asuhan, jangan jadikan keadaan dan status sosial menjadi penghalang untuk meraih cita-cita. Banyak penguasaha atau pejabat yang berasal dari kalangan kurang mampu. Untuk itu mereka bisa lebih termotivasi lagi meraih harapan dan cita-cita.

Bakti Sosial BEM FE - Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta

Bakti Sosial BEM FE – Indahnya Berbagi Bersama Anak-anak Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta

Kita berharap semoga lebih banyak kalangan masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap masalah sosial. Dengan begitu kita akan mengasah kepedulian di tengah arus globalisasi yang menyeret manusia ke arah ketidakpedulian antar sesama manusia. Seperti yang terjadi di dunia barat yang banyak melakukan penindasan kepada kaum yang lemah di Jazirah Arab, Afrika dan Asia Barat. Untuk itu kita harus mengasah kepedulian dengan cara yang antara lain di tempuh oleh mahasiswa dari BEM FE UAD.

Kata terkait:

Panti asuhan yogyakarta, panti asuhan sleman, alamat panti asuhan al-hakim, pendidikan  di panti asuhan, pengurus panti asuhan yogyakarta

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!