Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Belajar Bisnis Online

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Belajar Bisnis Online

Belajar Bisnis Online

Dalam dunia internet nama google trends tentunya sudah tidak asing lagi, google trends yaitu suatu alat yang berguna untuk memperoleh informasi tentang kata kunci yang terkenal atau populer misalnya yaitu orang yang sedang terkenal atau sedang naik daun.

Terkadang kita belum bisa membedakan antara google trends dengan keyword planner. Padahal keyword planner salah satu alat untuk menganalisa jumlah pencarian terhadap kata kunci tertentu serta tingkat kompetitor atau pesaing dari kata kunci yang kita tentukan. Namun keduanya sebenarnya sangat berkaitan.

Dalam menentukan judul dalam sebuah artikel tentunya kita harus mengetahui apakah judul yang akan kita buat sesuai dengan tren saat ini, maksutnya kata dalam judul tersebut sesuai dengan kata kunci yang sedang populer. meskipun sebenarnya bisa saja membuat judul tanpa melakukan riset kata kunci, tetapi kita tidak akan mengetahui judul apa yang sedang populer, maka sebaiknya kita melakukan riset kata kunci terlebih dahulu menggunakan google trends.

belajar-bisnis-online

Untuk memulai menggunakan google trends kita bisa langsung membuka halaman http://www.google.com/trends/explore setelah akan muncul tampilan sebagai berikut

  1. Kriteria Pencarian

Tampilan pertama yang muncul dalam halaman tersebut akan muncul tampilan pencarian ada beberapa yang dipilih untuk meriset kata kunci

           a. Pilih Negara

             Karena dinegara Indonesia maka untuk pilihan negara yang dipilih adalah negara Indonesia

           b. Past 12 Month

              Maksud dalam pencarian tersebut yaitu kata kunci populer yang sedang dicari dalam 12 bulan                    terakhir atau satu tahun kata terakhir. Didalam kota tersebut bisa dipilih satu minggu, satu bulan              atau waktu tertentu.

           c. Internet dan Telcom

               Internet dan telcom adalah pilihan category dalam pilihan tersebut kita akan menampillkan kata                kunci sesuai dengan kategori tersebut atau bisa juga memilih kategori lain untuk menampilkan                  kata kunci sesuai kategori tersebut

          d.Web Search

            Maksutnya yaitu kata kunci yang ditampilkan sesuai dengan populer web search. Kita bisa                            menggunakan mesin pencari google atau mesin pencari lainnya.

           e. Setting

             Setting yaitu untuk mengatur bahasa dan kata kunci populer yang sedang dicari bisa di download              melalui menu ini.

wirausaha-dan-bisnis-online

Dalam dunia bisnis google trends banyak diperlukan bagi para pelaku bisnis terutama bagi pelaku UKM, dengan menggunakan google trends pelaku bisnis akan mengetahui data-data tentang bisnis yang akan mereka jalankan. Melalui google trends kita bisa mencari kata kunci yang sedang populer dan sesuai dengan bisnis yang kita jalankan .

Didalam google trends biasanya topik yang banyak dicari yaitu sebagai berikut

  1. Bussines and Politics
  2. Entertainment
  3. Nature and Science
  4. Shopping
  5. Sports
  6. Travel and Leisure

Setelah itu kita bisa memulai untuk menggunakan google trends dengan beberapa langkah sebagai berikut

  1. Membuat Kata Kunci

Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan saat kita menggunakan google trends, sehingga kata kunci tersebut bisa langsung ditulis dalam pencarian didalam google trends sehingga dapat membantu untuk menemukan ide untuk membuat konten didalam bisnis yang kita jalankan. Daftar kata kunci yang telah dibuat menggunakan google analytic dan webmaster tools kemudian disempurnakan melalui google adwards lalu dikonfirmasi melalui google trends daftar kata kunci yang telah dibuat.

  1. Memeriksa Kata Kunci

Kata kunci yang telah dibuat harus diperiksa secara berkala melalui google trends sehingga kita bisa mengetahui peringkat kata kunci saat pemeriksaan tersebut, saat kata kunci berada diperingkat bawah kita dapat merubahnya.

Memeriksa kata kunci juga bisa untuk menargetkan wilayah atau lokasi untuk memenuhi target pasar. Bila dalam lokasi tersebut kata kunci yang kita buat targetnya rendah tentu saja akan berpengaruh.

  1. Menemukan Ide Konten

Google trends memiliki tools yang dapat membantu untuk menemukan kata kunci baik yang berhubungan dengan bisnis maupun tidak. Kita bisa mengetahui lonjakan kata kunci, sehingga kita bisa menemukan ide-ide untuk membuat konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

  1. Menggunakan Fasilitas Konten Kalender

Meskipun fasilitas ini terkadang memang menjadi hambatan, namun menggunakan fasilitas ini dapat merencanakan untuk membuat konten yang berhubungan dengan bisnis sesuai dengan waktu tertentu seperti saat bulan ramadhan, hari raya idul fitri atau waktu tertentu yang bertujuan untuk menembus pasar

  1. Membuat konten yang Berisi Video

Cara ini tentunya berbeda dengan yang biasa kita kerjakan. Maksudnya kita bisa membuat konten yang sedang populer melalui video. Membuat tutorial atau bisa saja membuat video resep membuat sutau olahan makanan.

  1. Memperbarui Brand

Mungkin sudah saatnya bisnis yang kita jalankan diperbarui brand nya, sehingga bisa memberikan suasana dan pesan baru bagi masyarakat. Google trends akan membantu kita untuk menemukan ide untuk membuat brand baru  yang sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Brand yang dibuat benar-benar bisa menarik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

  1. Membuat Website dengan Konten Terkait

Melalui google trends menulis konten yang berasal dari kata kunci tanpa dikenakan biaya, hanya saja waktu kita banyak dihabiskan untuk bisa menghasilkan konten yang baik.

itulah beberapa tips belajar berbisnis online. semoga bermanfaat

Kata Terkait : Bisnis Online, Belajar Bisnis Online, Memulai Bisnis Online, Langkah-Langkah Belajar Bisnis Online

 

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!