Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Ini Dia Daftar Kebutuhan Panti Asuhan yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berdonasi

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Ini Dia Daftar Kebutuhan Panti Asuhan yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Berdonasi

Panti Asuhan Al-Hakim

Di tengah majunya peradaban saat ini, tak sedikit saudara-saudara kita yang masih membutuhkan uluran tangan untuk kelangsungan hidup mereka. Sebut saja seperti anak-anak jalanan, anak-anak yang terlantar, ataupun anak-anak yang memiliki kehidupan kurang baik di keluarganya. Beruntungnya kita bahwa saat ini sudah banyak lembaga sosial yang bersedia menampung dan mendidik mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi seperti yayasan ataupun panti asuhan. Sehingga memudahkan kita sebagai orang yang memiliki kepedulian untuk menyisihkan sedikit dari harta kita untuk mereka yang membutuhkan. Seperti Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II yang dibawah naungan yayasan Sinar Melati ini. Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II yang terletak di Dusun Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman ini menampung setidaknya 80 santri dengan berbagai latar belakang yang berbeda. 

Panti Asuhan Al - Hakim
Para santri putra di Panti Asuhan Al Hakim setelah kegiatan tadarus sebelum jama’ah sholat maghrib.

Berdonasi ataupun bersedekah adalah suatu kegiatan yang terpuji dan banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dan salah satu tujuan untuk berdonasi yang sering menjadi pilihan adalah panti asuhan. Bentuk dari donasi tersebut bisa berupa uang tunai ataupun berbentuk barang. Memberikan donasi dalam bentuk uang terkadang menjadi pilihan banyak orang karena bisa dibilang cukup simpel. Namun ada juga orang yang ingin mendonasikan sebagian hartanya dalam bentuk barang agar memberikan kesan yang lebih bagi penerima. Bentuk dari barang yang di donasikan pun bermacam-macam. Pernahkah Anda bingung untuk menentukan barang apa yang akan Anda berikan ke panti asuhan?

Nah, agar tidak salah pilih, kira-kira apa saja ya kebutuhan yang sangat dibutuhkan khususnya oleh Panti Asuhan Al-Hakim dan Panti Asuhan lain pada umumnya? Jawabannya, simak disini yuk !

1. Bahan Makanan Pokok

Bukan hanya kita, saudara-saudara kita yang berada di Panti Asuhan tentunya juga sangat membutuhkan bahan makan pokok. Terlebih di Panti Asuhan bisa dipastikan menampung banyak anak yang mana kebutuhan harian seperti makan juga akan mengikuti. 

Contoh dari bahan makanan pokok atau jenis sembako untuk panti asuhan ini seperti beras, minyak goreng, telur, tepung terigu, dan mie instan. Bisa dipastikan bahan-bahan makanan tersebut akan sangat bermanfaat bagi para pengelola panti untuk nantinya diolah menjadi makanan sehari-hari bagi anak panti ataupun para santri. 

Kebutuhan Panti Asuhan
Selain uang, ada banyak pilihan lain seperti hal nya kebutuhan pokok semacam beras, telur, dll.

2. Alat-Alat dan Perlengkapan Sekolah

Anak-anak panti asuhan biasanya mereka masih pada usia sekolah, walaupun ada beberapa yang memang sudah kuliah ataupun bekerja. Nah, dikarenakan tidak setiap panti asuhan mampu memberikan fasilitas berupa perlengkapan sekolah yang lengkap. Maka dari itu, alternatif lain setelah bahan makanan pokok adalah perlengkapan sekolah. Yang utama dan pasti bermanfaat adalah buku tulis dan juga alat tulis. Tak lupa tas sekolah dan juga sepatu sekolah.

Kebutuhan Panti Asuhan
Kegitaatan lain dari anak-anak Panti Asuhan adalah bersekolah, maka dengan memberikan mereka perlengkapan sekolah tentu akan sangat bermanfaat.

3. Pakaian

Setelah bahan makanan, kebutuhan pokok setelahnya adalah pakaian. Tidak hanya kita, para anak panti juga harus menggunakan pakaian yang bersih dan layak. Ketersediaan stok pakaian anak panti biasanya terbatas, nah ini bisa jadi ide bagi Anda untuk menyumbangkan pakaian Anda yang sudah tidak terpakai namun kondisinya masih bagus dan layak pakai. Daripada pakaian tersebut tidak terpakai dan memenuhi almari Anda, nah sumbangkan saja ke anak-anak panti. Bisa Anda bayangkan bagaimana bahagianya anak panti ketika Anda beri sesuatu, akan membuat Anda semangat berbagi.

Kebutuhan Panti Asuhan
Daripada pakaian lama Anda menumpuk di dalam almari, sumbangkan saja pakaian yang masih layak pakai ke panti asuhan.

4. Buku Bacaan atau Buku Pelajaran

Dalam sela-sela kegiatan di Panti Asuhan, terkadang anak-anak atau santri mengisi waktu luang mereka dengan istirahat atau menyelesaikan tugas lain yang sifatnya individu. Namun terkadang ada juga anak yang waktu istirahat hanya menganggur saja. Nah, untuk mengisi waktu istirahat ataupun waktu luang mereka, berikanlah mereka sumber bacaan yang bermanfaat dan menarik. Seperti buku bacaan ataupun buku pelajaran. Buku-buku cerita juga bisa bermanfaat untuk anak-anak panti yang usianya masih kanak-kanak. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata mutiara “Buku adalah Jembatan Ilmu”, buatlah anak-anak panti gemar membaca dengan menyumbangkan buku bacaan dengan bermacam-macam tema seperti buku bacaan islami, buku bacaan ilmu pengetahuan, buku bacaan fiksi dan petualangan, buku cerita anak-anak, dan yang lainnya. Hal tersebut juga bisa menjadi penunjang edukasi bagi anak-anak. Namun, pastikan Anda memberi buku yang tepat ya. Sesuaikan buku yang Anda berikan dengan usia mereka dan cermati dahulu isinya.

Kebutuhan Panti Asuhan
Dengan memberikan buku bacaan yang baik dan edukatif, waktu luang anak-anak bisa tersalurkan dengan baik.

5. Perlengkapan Ibadah

Selain bersekolah, kegiatan utama di Panti Asuhan Al Hakim adalah belajar ilmu agama karena memang panti asuhan ini merupakan panti asuhan islam. Kegiatan yang berkaitan dengan ibadah seperti sholat jama’ah dan membaca Al-Qur’an menjadi keseharian mereka. Nah dari sini Anda bisa mengambil ide untuk memberikan mereka perlengkapan ibadah seperti sarung, mukena, baju koko, peci, dan kitab Al-Qur’an. Pasti Anda akan senang bukan apabila Anda menyumbangkan Al-Qur’an kemudia Al-Qur’an tersebut menjadi pegangan anak-anak dalam menghafal Al-Qur’an hingga menjadi seorang hafidz dan hafidzah. InsyaaAllaah Anda akan mendapatkan pahala yang mengalir.

Kebutuhan Panti Asuhan
Salah satu kegiatan pokok di Panti Asuhan Al-Hakim adalah tahfidz qur’an. Tentu dengan Anda memberikan Al-Qur’an, mereka akan sangat senang.

6. Seragam Sekolah

Selain perlengkapan sekolah yang sudah kami sebutkan di atas, keperluan yang menyangkut dengan sekolah yang juga sama pentingnya adalah seragam sekolah. Saudara-saudara kita yang berada di panti asuhan juga memerlukan seragam yang layak. Survey dahulu kira-kira anak-anak di panti asuhan jenjang sekolah nya berada di tingkat mana, apakah SD, SMP, atau SMA sederajat.

Kebutuhan Panti Asuhan
Seragam menjadi suatu barang yang penting bagi anak asuh panti yang bersekolah.

7. Perlengkapan Mandi

Memang, biasaya dari pihak panti sudah meyediakan berbagai perlengkapan mandi seperti sikat gigi, sabun, dan odol. Namun tidak ada salahnya bukan apabila kita turut membantu menambah stok untuk perlengkapan mandi bagi anak-anak panti.

8. Selimut

Sebagai penghangat tidur anak-anak panti, terlebih di kala musim dingin tentunya keberadaan selimut sangat membantu. Anda bisa memberikan selimut yang bermotif lucu untuk anak-anak panti yang masih kecil.

Kebutuhan Panti Asuhan
Untuk menambah kenyamanan anak-anak ketika tidur, memberikan selimut adalah hal yang tepat.

9. Perlengkapan P3K

Dalam lingkungan yang terdapat banyak orang seperti panti asuhan, keberadaan kotak P3K sangatlah dibutuhkan. Suatu saat jika ada anak-anak panti yang terkena luka luar atau alergi, setidaknya ada pertolongan pertama yang dilakukan sebelum diberi tindakan lebih lanjut.

Kebutuhan Panti Asuhan
Tersedianya kotak P3K akan membantu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan setidaknya bisa memberikan pertolongan pertama.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan operasional lain, tentu biaya yang dibutuhkan tidak sedikit dan dukungan dari para donatur sangatlah membantu. Pada Panti Asuhan Al-Hakim ini, terdapat donatur tetap dan fleksibel. Donatur tetap ialah orang-orang yang memberikan bantuan kepada Panti dalam jangka waktu yang rutin, entah itu berupa uang atau barang. Nominal dan jumlah yang di donasikan pun kami tidak menetukan minimal dan maksimalnya. Anda bisa mengantarkannya langsung ke Panti atau kami dari pihak panti bersedia untuk menjemput bantuan tersebut di lokasi Anda apabila bantuan tersebut berupa barang.

Atau Anda bisa juga donasi melalui transfer ke nomor rekening :

3022-01-000342-50-0
A.n Ponpes Sinar Melati Padasan

Itulah daftar kebutuhan panti asuhan yang mayoritas dibutuhkan oleh anak-anak Yayasan Panti Asuhan. Semoga bisa menjadi referensi dan Anda tidak bingung-bingung lagi ya dalam menentukan barang apa yang akan anda berikan.

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!