Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Jauhi Sifat Malas!

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Jauhi Sifat Malas!

Jauhi Sifat Malas!

Assalamualaikum wa rahmatullahi wabarakatuh. Ada banyak sekali perilaku melenceng di tengah-tengah masyarakat kita saat ini, salah satunya adalah sifat malas atau biasa disebut malas. Mari kita simak pembahasannya.

  • Definisi Malas

Orang Dengan Sifat Malas

Seperti yang sudah dijelaskan di dalam Wikipedia, malas adalah keengganan untuk berusaha yang telah terbentuk menjadi kebiasaan. Sedangkan dalam Kamus Besar, arti malas adalah 1) tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu, 2) segan; tidak suka; tidak bernafsu. Jadi, sifat malas itu sama artinya dengan suatu perasaan atau sikap yang membuat pelakunya enggan, tidak ingin, serta tidak suka, bahkan tidak bernafsu untuk mengerjakan sesuatu.

Malas juga merupakan lawan dari semangat.

  • Sebab – Sebab Malasnya Seseorang

Sering menunda urusan

Kebiasaan yang paling sering terjadi di seluruh sudut dunia ini, baik itu di negara adidaya seperti Amerika maupun di negara kepulauan seperti Indonesia ini. Biasanya terjadi karena si pelaku merasa kalau dia bisa mengerjakan tugasnya nanti karena tugasnya adalah sesuatu yang sepele seperti mencuci piring. Hingga akhirnya dia sadar kalau dia tidak bisa mengerjakannya tepat waktu, yang pada akhirnya akan berakhir dengan selalu ditundanya tugasnya itu.

Teralihkan perhatiannya oleh hal lain

Kadang sesuatu yang sepele ini terjadi karena sering mengkhayal tentang hal-hal lain yang SEBENARNYA tidak berkaitan dengan masalah yang sedang dihadapi. Salah satu penyebab utamanya adalah sesuatu yang paling dekat dengan diri sendiri, yaitu media sosial, teman yang banyak bicara serta mengajak kita bicara, serta memikirkan tentang acara yang akan datang. Padahal seharusnya kita tidak perlu memikirkannya, kecuali karena sudah ada janji.

Gaya hidup yang tidak baik

Beberapa menjalani kehidupan sehari-harinya dengan segala sesuatu yang tidak direncanakan sedikit pun sebelumnya, contohnya bergadang hanya demi menonton film atau mungkin juga mengobrol dengan temannya lewat media sosial. Dan ini merupakan sesuatu yang SANGAT TIDAK PENTING. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa apabila terus-menerus dikerjakan, yang akan berakhir dengan timbulnya rasa malas.

Terlalu lelah

Kadang beberapa orang bekerja terlalu semangat dan keras, yang akan membuatnya cepat lelah. Sampai saat kita sudah di rumah, bukannya melepas sepatu dan mengganti pakaian, kita malah langsung menuju ke kamar untuk tidur. Ini juga akan menyebabkan rasa malas.

Sering merasa ragu

Dalam hidup ini ada banyak sekali pilihan yang harus kita pilih. Dan di saat seperti itulah kadang kita ragu untuk memilih diantara pilihan yang ada. Akhirnya, kita tidak bisa memilih dan itu juga menimbulkan sifat malas dari diri kita.

Pola gizi yang buruk

Pola makan yang bergizi juga penting untuk menghalau sifat malas. Caranya dengan tetap mengonsumsi makanan serta minuman bergizi. Karena, jika kita kekurangan gizi, maka akan membuat tubuh kita menjadi lemah. Dari lemahnya tubuh ini, rasa malas akan datang.

Kurangnya motivasi

Motivasi dibutuhkan demi mendorong semangat kita menjadi lebih tinggi. Jika kita kekurangan motivasi, itu justru dapat dengan mudah menimbulkan rasa malas.

Kurang PD

Kurang adanya kepercayaan diri juga dapat membuat kita malas. Itu terjadi karena dia tidak percaya kepada dirinya sendiri kalau dia bisa menyelesaikannya.

Tidak ada rasa tanggung jawab

Tidak adanya rasa tanggung jawab yang besar karena tidak peduli dengan apa yang ada di sekitarnya, akan membuatnya malas.

Terlalu banyaknya hal yang harus diketahui

Ada beberapa tugas yang mengharuskan para pelakunya untuk mengetahui seluk-beluk tentang apa yang akan dikerjakannya. Karena kewalahan akibat banyaknya hal yang harus dikerjakan itulah kemalasan pun muncul.

  • Cara Mengatasi Rasa Malas

Jangan Menunda

Karena jika kita menunda pekerjaan kita hanya akan membuat kita menjadi lebih malas.

Membuat Target

Buat target sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.  Dengan adanya target tersebut, kita pasti akan jadi lebih berusaha untuk menyelesaikan masalah yang kita miliki.

Olahraga Serta Pola Hidup Yang Sehat

Dengan membiasakan dua hal tersebut, tubuh kita memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menjadi sehat dan tidak mudah menjadi lemah, yang tentunya tidak akan membuat kita menjadi malas dalam menjalani pekerjaan.

Membuat Daftar Kegiatan Sehari-hari

Membuat daftar kegiatan harian dapat membuat hidup lebih teratur dan pastinya lebih efisien dalam menghindari hal-hal seperti teralihkannya pikiran.

Menghadiahi Diri Sendiri

Salah satu cara paling efektif, karena itu akan membuat kita lebih bersemangat lagi di kemudian hari. Yang penting, hadiahnya yang biasa saja.

Motivasilah Diri Sendiri

Tanamkan pada diri kita sebuah motivasi setiap harinya, yang akan menumbuhkan rasa semangat dalam menyelesaikan masalah yang ada.

Jauhi Tempat Tidur Maupun Sofa

Maksudnya ialah jangan beristirahat dahulu sebelum waktunya selesai. Waktu di sini adalah yang kita buat di awal atau yang sudah ditetapkan. Jika kita dekati, kemungkinan terbesar adalah kita akan tertidur lalu malas untuk melanjutkannya lagi.

Mungkin hanya itu dulu untuk hari ini. Pada intinya, kita harus menjauhi sifat malas ini.

Wallahu a’lam.

https://bangka.tribunnews.com/2016/04/08/10-tips-cara-menghilangkan-rasa-malas-yang-berlebihan

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!