Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Kegiatan Santri Panti Asuhan Al Hakim Yogyakarta Merawat Kebun Buah Naga

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Kegiatan Santri Panti Asuhan Al Hakim Yogyakarta Merawat Kebun Buah Naga

Kegiatan Santri Panti Asuhan Al Hakim Yogyakarta Merawat Kebun Buah Naga

Panti Asuhan Al Hakim Yogyakarta memiliki dua kebun buah naga yang letaknya tidak jauh dengan panti asuhan tersebut.  Panti asuhan al hakim  berada Dusun Padasan, Kelurahan Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman,di  Yogyakarta.

Buah naga adalah sejenis tanaman kaktus marga yang berasal dari negara Amerika Tengah, Amerika Serikat  dan Meksiko, namun sekarang ini buah naga sudah banyak dibudidayakan ke beberapa negara Asia seperti Taiwan, Malaysia, Fillipina, Vietnam bahkan sampai Indonesia. Buah ini juga terdapat di beberapa tempat seperti  Israel, Australia utara, Okinawa  dan Tiongkok Selatan.

Disekitar tahun 1870-an jenis buah ini dibawah oleh orang Perancis ke Vietnam untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Warna buahnya yang terlihat mencolok diantara warna-warna naga yang hijau. Dikalangan budaya di Vietnam yang sangat tepengaruh dengan budaya Cina, buah naga ini disana dikenal dengan nama Thang Loy. Dan kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara-negara lain yang berbahasa inggris dengan istilah dragon fruit ( buah naga ).

Kegiatan Merawat Kebun Buah Naga (5)

Dalam budidayanya buah naga akan tumbuh dengan subur jika medianya yaitu tanam porous( tidak becek) kaya akan unsur hara, berpasir, cukup terkena sinar matahari, dan bersuhu antara 38-40 derajat celcius.  Jika dilakukan perawatan yang baik, pada usia 11-17 bulan buah naga ini akan berbuah.  Namun yang  terpenting agar penanaman tanaman  buah naga dapat tumbuh yaitu mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Budidaya buah naga menjadi kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh santri panti asuhan al-hakim yogyakarta. Kegiatan budidaya ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan cara bergotong royong. Diharapkan melalui kegiatan ini para santri di panti asuhan Al-Hakim Yogyakarta dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan rasa saling tolong menolong antara satu sama lain.

Kegiatan merawat buah naga adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh para santri panti asuhan Al-Hakim Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan secara kerja bakti atau gotong royong, jadi yang pada awalnya santri tidak mengenal satu sama lain, melalui kegiatan ini diharapkan santri tidak akan merasa asing lagi dengan santri lain, karena memang setiap santri berbeda tempat tinggal atau daerah asalnya.

Mengapa memilih tanaman buah naga sebagai pilihan untuk dibudidayakan oleh para santri Al-Hakim? Tanaman buah naga merupakan jenis tanaman yang berasal dari luar negeri yang masih jarang dibudidayakan di Indonesia. Dalam perawatannya tanaman ini tidak memerlukan perawatan dengan biaya yang tinggi, padahal jika dijual satu buah naga memiliki nilai harga yang tinggi dan dipasar-pasar maupun supermarket kebutuhan akan buah naga terus meningkat.

Disamping itu buah naga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat menyembuhkan penyakit.  Mulai dari batang, daging hingga kulit buah naga semua itu terdapat vitamin dan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Kegiatan Merawat Kebun Buah Naga (5)

Berikut merupakan beberapa manfaat dari buah naga

  1. Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi buah naga dapat membantu kesehatan kulit, buah dan kulitnya juga bisa dijadikan sebagai bahan lulur.
  2. Karena kandungan manisnya yang berasal dari glukosa, jadi buah naga menyembuhkan penyakit diabetes
  3. Oleh beberapa dokter, buah naga sangat direkomendasikan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit
  4. Dengan antioksidan dan vitaminnya, dapat meningkatkan kesehatan dan stamina tubuh
  5. Karena mengandung banyak kalsium, buah naga mampu mencegah terjadinya osteoporosis yaitu perapuhan tulang.

Itulah beberapa alasan mengapa tanaman buah naga dipilih untuk dibudidayakan disekitar panti asuhan Al-Hakim oleh para santri karena memang tidak memerlukan tempat-tempat yang khusus agar bisa membudidayakannya.  Disamping itu kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi para santri untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, serta rasa tolong menolong yang tinggi.

Kata Terkait : Panti Asuhan, Panti Asuhan Al-Hakim, Kegiatan Santri Al-Hakim, Merawat Kebun Buah Naga

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!