Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

akhlakul karimah adalah salah satu akhlak dalam islam

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

akhlakul karimah adalah salah satu akhlak dalam islam

Secara etimologis akhlaq berasal dari kata Al-Huluq, akhlaq mengandung arti watak, budi pekerti, kebiasaan. Secara istilah akhlaq berarti sesuatu yang melekat pada jiwa manusia yang daripadanyalah timbul perbuatan langsung atau spontan tanpa didahului pemikiran. sedangkan akhlakul karimah adalah sebuah perbuatan mulia yang seharusnya dimiliki setiap muslim

Pengertian Akhlaq

Akhlak berasal dari bahasa Arab yang berakar dari kata khuluk yang berarti tingkah laku, watak, atau tabiat. Secara istilah, akhlak adalah tingkah laku seseorang yang didoroh keinginan mendasar untuk melakukan sesuatu.

Menurut imam alghazali akhlak adalah suatu perbuatan yang dilakukan secara langsung atau spontan tanpa didahului pemikiran terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, akhlaq tidak dapat di samakan dengan : Budi pekerti, etika, sopan santun karena semuanya itu hanya terbatas hal-hal yang luarnya saja, disamping hanya berkaitan dengan hubungan interaksi antara manusia, akhlaq tidak hanya menakup hal lahirnya saja tetapi juga bathiniahnya juga.

Cangkupan akhlaq:

  1. Akhlaq manusia dengan dirinya
  2. Akhlaq manusia dengan Allah
  3. Akhlaq manusia dengan sesamanya
  4. Akhlaq manusia dengan alam lingkungannya

Pengertian akhlakul karimah lainnya adalah akhlak yang mulia baik yang langsung terhadap Allah dengan menjalankan ibadah yang wajib maupun ibadah yang sunah, dan melaksanakan hubungan yang harmoinis terhadap sesama manusia dan semesta alam yang meliputi antara lain :

  1. Husnudzhan hablumminallah wahablumminannas ( Hubungan Baik Kepada Alloh Dan juga Hubungan Baik Sesama Manusia )
  2. Qana’ah yaitu menerima segala pemberian Allah SWT.
  3. Ikhlas yaitu melaksanak sesuatu perbuatan yang baik hanya karena Alllah SWT.
  4. Sabar yaitu menerima semua ketentuan Allah AWT dengan lapang dada baik itu berupa nikmat maupun cobaan.
  5. Istiqomah yaitu teguh pendirian terhadap keyakinannya.
  6. Tasammuh yaiitu memiliki sifat tenggang rasa dan memiliki sifat toleransi kepada sesame makhluk yang telah dicipyakan oleh Allah SWT.
  7. Ikhtiar yaitu berusaha atau kerja keras untuk mencapai tujuan.
  8. Berdoa yaitu memohon kepada Allah.

Ciri Ciri Akhlakul Karimah

  • Selalu bersikap baik dan menjaga sopan santun kepada semua makhluk yang telah di ciptakan oleh Allah SWT baik sesame manusia, hewan dan tumbuhan.
  • Rajin mencari mencari ilmu, terutama ilmu yang berkaitan dengan agama islam karena agama islam adalah agama yang rahmatan lil ‘alamin

            Artinya: “Barang siapa melewati jalan dimana ia menuntut ilmu pada jalan itu, niscaya Allah memudahkan kepadanya jalan menuju surga.”  (H.R. Muslim)

  • Rela berkorban dan berperilaku ikhlas dalam menerima maupun menjalani semua hal yang telah digariskan oleh Allah SWT untuk semua ciptaanNya.. (Q.S. Ar-Ra’d, 13:11)
  • Mempunya inisiatif yang tinggi dan bersyukur dalam menjalani kehidupan yang telah dikaruniakan oleh Allah kepada kita : Allah berfirman:

          Artinya : “Allah akan meninggikan orang-orang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Mujaadilah, 58:1 )

Macam-macam akhlaq dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Akhlakul Karimah

akhlak terpuji atau biasa disebut akhlakul karimah artinya salah satu  macam akhlak yang harus dimiliki oleh setiap umat muslim. contoh macam akhlak tersebut diantarannya sikap rela berkorban, jujur, sopan, santun, tawakal, adil, sabar dan lain sebagainya. Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita selalu menerapkan akhlakul karimah dalam  kehidupan sehari-hari.

  1. Akhlakul Madzmumah

Akhlak Madzmumah atau akhlak tercela adalah salah satu perbuatan buruk yang harus dijauhi setiap manusia. Hal ini harus dijauhi karena akhlakul mazmumah dapat mendatangkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain. Contoh dari  akhlakul mazmumah yakni riya’, sombong berkata dusta, menggunjing, memfitnah dan lain sebagainya. Sebagai orang muslim sudah seharusnya kita menghindari akhlakul madzmumah atau akhlak tercela tersebut.

Setiap muslim dianjurkan untuk memiliki akhlakul karimah atau akhlak yang terpuji dan menerapkannya dalm kehidpan sehari hari. Bagi seseorang yang memiliki sikap tersebut maka dapat mendatangkan manfaat bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

baca juga rukun iman ada 6 yang harus diketahui

Berikut ini beberapa manfaat macam akhlak terpuji:

  1. Dicintai Nabi Muhammad SAW

Manfaat memiliki akhlakul karimah yang pertama ialah dicintai Rasulullah SAW. Dijelasakan dalam sebuah hadis, seorang muslim yang memiliki akhlakul karimah maka akan menjadi orang yang dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah saw bersabda:

Orang yang paling saya cintai dan paling dekat dengan tempat saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Sementara orang yang paling saya benci dan tempatnya paling jauh dari saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang keras dan rakus, suka menghina dan sombong.” (HR. Tirmizi).

  1. Berat Timbangan Amalnya di Hari Kiamat

Seorang muslim yang memiliki sikap terpuji di hari akhir kelak yaitu hari kiamat akan diselamatkan oleh Allah SWT. Selain itu, setiap muslim yang memiliki akhlakul karimah juga akan mendapatkan derajat pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa dan sholat. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda:

Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlak yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlaq mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin shalat.” (HR. Tirmidzi).

sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/akhlakul-karimah-adalah/

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!