Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II, Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II, Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa

Panti asuhan yatim

Di sekitar kita, tanpa kita sadari masih banyak saudara kita seperti anak-anak kecil yang nasibnya masih kurang beruntung. Sebut saja seperti anak-anak korban broken home, anak-anak yang terpisah dari orang tuanya atau tidak tinggal bersama orang tua, hingga anak-anak yang putus sekolah padahal ia memiliki semangat dan tekad kuat untuk menempuh pendidikan. Hanya saja faktor ekonomi yang membuat mereka terpaksa untuk memutus jalur pendidikannya sekedar untuk bekerja membantu ekonomi keluarga. 

Bahkan ada juga anak yang jauh dari orang tuanya dan ia di rawat seadanya oleh kerabatnya, atau bahkan yang lebih parahnya lagi anak-anak tersebut mendapat perlakuan yang tidak baik seperti kekerasan yang akhirnya membuat mental mereka menjadi terganggu. 

Panti asuhan yatim
Santri putera Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II

Adanya Yayasan dan Panti Asuhan Sangat Membantu

Kabar baik, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memiliki badan yang mengurusi mengenai lembaga sosial seperti yayasan dan panti asuhan. Tujuan dari panti asuhan sekaligus tanggung jawab dari Panti Asuhan adalah memberikan kesejahteraan sosial bagi anak-anak, memberi rasa aman, memberikan pelayanan pengganti orang tua / wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial kepada seluruh anak asuh. Sehingga mereka memperoleh kesempatan yang luas, tepat, dan memadai dalam rangka pengembangan kepribadiannya sesuai dengan yang diharapkan.  Anak-anak atau orang yang kehidupannya kurang layak biasanya oleh keluarga atau kerabatnya akan dititipkan ke panti asuhan agar mendapatkan perawatan, perlindungan, serta lingkungan yang baik. Jumlah dari Panti Yatim di Indonesia sendiri juga cukup banyak, mengingat jumlah anak yatim di Indonesia juga banyak. 

Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II

Panti Asuhan adalah lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik, merawat, serta memelihara anak-anak yatim, yatim piatu, dhufa, dan anak terlantar. Jumlah panti asuhan di Indonesia bisa dibilang sudah cukup banyak, hanya saja belum semua anak yatim, yatim piatu, ataupun dhuafa sudah mendapatkan tempat di Panti Asuhan. 

Berbicara mengenai panti asuhan, panti asuhan terdekat bagi Anda yang berada di wilayah Pakem adalah Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II yang berada di bawah Yayasan Sinar Melati ini. Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II ini berada di Dusun Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Terdapat dua asrama yang terletak secara terpisah di Panti Asuhan Al-Hakim ini. Yakni Panti Asuhan Al-Hakim Putera dan Panti Asuhan Al-Hakim Puteri yang letaknya di sebelah utara asrama santri putera. 

Panti asuhan yatim piatu
Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II, yang berlokasi di Pakem, Sleman

Panti Asuhan Anak Yatim, Yatim Piatu, dan Dhuafa

Seperti panti asuhan lainnya, Panti Asuhan Al-Hakim ini menampung banyak anak asuh atau yang biasa kami sebut sebagai santri. Saat ini kami mengasuh kurang lebih 80 santri yang terdiri dari 50 orang santri putera dan 30 orang santri puteri. Sejak awal didirikan pada tahun 2000, jumlah santri yang kami asuh terus bertambah. Di mulai pada awal didirikan, pada saat itu kami baru mengasuh sekitar 5 orang anak, namun saat ini alhamdulillah kami menampung 80 anak. Lalu apa saja latar belakang dari para santri yang kami asuh?

1. Anak-Anak Yatim / Piatu

Latar belakang yang paling banyak dari anak-anak yang berada di panti adalah berasal dari golongan anak yatim / piatu. Yang termasuk anak yatim yakni anak yang di tinggal oleh ayahnya sebelum ia memasuki masa baligh. Sebaliknya, untuk anak yatim ialah seorang anak yang telah ditinggal ibunya sebelum ia baligh. Karena sudah tidak memiliki sosok ayah ataupun ibu, biasanya  kerabat atau keluarganya akan menitipkannya di Panti Asuhan dengan tujuan anak tersebut mendapat kehidupan yang lebih layak dan terjamin. 

2. Anak Yatim Piatu

Hampir sama seperti yang sebelumnya, anak yatim piatu ini adalah anak yang sudah tidak memiliki ayah dan tidak memiliki ibu.Nah, untuk golongan anak yang satu ini merupakan salah satu yang istimewa, karena jika kita merawat mereka dengan ikhlas maka hal itu bernilai pahala yang sangat besar.

3. Dhuafa

Selain anak yatim, piatu, yatim piatu, ada lagi latar belakang santri yang berasal dari kelompok dhuafa. Yakni anak yang dalam kondisinya kurang mampu secara ekonomi maupun sosial, misalnya ia yang putus sekolah atau tidak mampu membayar biaya pendidikan namun memiliki tekad kuat untuk belajar. Mereka pun dengan senang hati kami rawat di Panti Asuhan Al-Hakim ini. Karena kami memiliki sekolah yang letaknya masih satu area dengan asrama, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP, hingga SMA sederajat yang lokasinya tidak jauh dari asrama. Jadi antara pendidikan di Panti Asuhan Al-Hakim dan pendidikan formal seperti sekolah masih saling berkaitan. 

Panti asuhan islam
Kami menampung santri dengan berbagai latar belakang, mulai dari yatim, yatim piatu, maupun dhuafa.

Seperti Apa Latar Belakang dan Keseharian di Panti Asuhan Al-Hakim

Panti Asuhan Al-Hakim ini berdiri sejak tahun 2000, dimana pendirinya bernama Bapak Drs. H. Sigit Warsito, M.A yang merupakan pegawai di Departemen Agama Provinsi Yogyakarta. Ketika itu, beliau mengunjungi sebuah panti asuhan dan timbullah keinginan di hati beliau untuk mendirikan sebuah Panti Asuhan. Dan pada akhirnya beliau berhasil mendirikan sebuah rumah yatim atau Panti Asuhan Yatim Piatu dengan nama Al-Hakim.

Untuk kegiatan kesehariannya di Panti Asuhan Al-Hakim, kami memiliki Visi Berani Hidup, Berakhlaq Mulia. Yang mana kami memiliki harapan bahwa seluruh anak asuh yang ada di Panti Asuhan Al-Hakim bisa benar-benar mandiri dan memiliki akhlaq qur’ani, serta memiliki dasar ilmu agama sebagai pegangan hidup. 

Kami mengusung tema panti asuhan islam, dimana kegiatan sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan yang bernilai pahala. Selain bersekolah, sholat jam’ah juga sangat diutamakan. Membaca dan belajar Al-Qur’an atau Tahsin juga menjadi kegiatan wajib bagi santri di Panti Asuhan Al-Hakim. Beberapa santri kami juga mengikuti program Tahfidz Qur’an, dan alhamdulillaah sudah ada 2 santri yang hafidz 30 juz Al-Qur’an. Kami harap semua santri dapat memiliki akhlaqul karimah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari kelak.

panti asuhan yatim terdekat
Salah satu kegiatan rutin para santri pada saat sore hari adalah kegiatan tahfidz qur’an.

Dimana Para Santri Bersekolah?

Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II ini merupakan Panti Asuhan dibawah Yayasan Sinar Melati, yang mana Yayasan Sinar Melati sendiri juga membawahi lebih dari 20 Panti Asuhan yang tersebat di berbagai daerah. Selain itu, Yayasan Sinar Melati ini juga memiliki sekolah yang mana masih dalam satu yayasan juga. Nah, di Panti Asuhan Al-Hakim ini mulai, akses menuju sekolah cukup mudah. Bahkan, masih satu area dengan Panti Asuhan Al-Hakim Putera ini terdapat MTs Daarul ‘Ulum Sinar Melati IIBS dan TKIT Sinar Melati. Untuk sekolah dasar serta SMK juga lokasinya masih dekat dengan area Panti Asuhan Al-Hakim. Hal ini merupakan salah satu hal yang perlu di syukuri karena akses nya cukup dekat dan memudahkan anak-anak.

Memiliki Saudara Yatim, Yatim Piatu, atau Dhuafa? Salurkan ke Panti Asuhan Terdekat

Jika Anda memiliki saudara atau kerabat yang secara ekonomi kurang, terlebih sudah tidak ada lagi yang merawat maka bisa Anda titipkan ke panti asuhan terdekat. Misalnya Anda berada di wilayah Pakem, Sleman maka bisa Anda coba untuk menitipkannya di Panti Asuhan Al-Hakim. Jika anak tersebut secara kriteria masuk dan memang memiliki tekad kuat dan semangat belajar yang tinggi maka bisa kami tampung, kami rawat, dan kami bimbing. Atau bisa Anda serahkan ke panti asuhan lain apabila Anda ada pilihan lain, berikut kami berikan referensi mengenai daftar panti asuhan di Yogyakarta.

PANTI ASUHAN AL-HAKIM SINAR MELATI II
Padasan RT 004 RW 016, Pakembinangun, Pakem, Sleman

(0274) 898222
0856-2631-631
(Ust. Sigit)

Kata Terkait :
panti asuhan yatim, panti asuhan yatim piatu, panti asuhan yatim piatu terdekat, panti asuhan anak yatim, panti asuhan anak yatim piatu, panti asuhan terdekat, daftar panti asuhan,

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!