Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Panti Asuhan Indonesia : Jenis-Jenis Panti Asuhan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Panti Asuhan Indonesia : Jenis-Jenis Panti Asuhan di Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan Panti Asuhan atau Panti Sosial yang memang banyak kita jumpai di sekitar kita. Dan sebagian dari kita kebanyakan baru mengetahui mengenai jenis panti asuhan yatim dan dhuafa atau panti asuhan sosial. Sebenarnya, ada banyak lagi jenis dari panti asuhan yang ada di Indonesia yang dibedakan berdasarkan jenis pelayanan apa yang diberikan kepada anak asuhnya. Namun pada dasarnya, panti asuhan mempunyai tanggung jawab untuk memberikan perlindungan dan perawatan kepada anak asuhnya.

Panti Asuhan di Indonesia
Salah satu kegiatan di Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II

Apa yang Dimaksud dengan Panti Asuhan

Secara umum pengertian dari Panti Asuhan adalah lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik, dan memelihara anak yatim, yatim piatu, dhuafa, maupun anak-anak terlantar. Jadi panti asuhan merupakan wadah bagi anak-anak Indonesia yang memang secara hidupnya masih butuh bantuan seperti ia sudah tidak memiliki kerabat. Nah, selain panti asuhan yatim dan dhuafa, ternyata ada banyak jenis panti asuhan di Indonesia. Apa saja jenisnya? Yuk simak ulasan di bawah ini !

1. Panti Sosial Asuhan Anak

Panti sosial asuhan anak merupakan panti asuhan yang banyak kita temukan di sekitar kita. Dimana panti sosial asuhan anak ini merupakan panti sosial yang bertanggung jawab untuk merawat, memberikan perlindungan, dan memberikan bimbingan kepada anak-anak yatim, yatim piatu, dan dhuafa yang secara ekonomi kurang mampu. Ada juga yang menampung anak-anak terlantar. Panti asuhan di Jogja yang menampung anak yatim dan dhuafa cukup banyak. Berikut ini daftar Panti Asuhan di Jogja

2. Panti Sosial Petirahan

Panti Asuhan Sosial Petirahan merupakan sebuah yayasan atau lembaga yang menampung anak-anak yang mengalami hambatan dalam belajarnya. Bisa karena faktor ekonomi, faktor sosial, atau yang lainnya. Tugas dari Panti Asuhan Sosial Petirahan adalah memberikan bimbingan dan pelayanan dengan sebaik-baiknya bagi anak-anak tersebut.

3. Panti Asuhan Bina Remaja

Jenis panti asuhan yang selanjutnya adalah Panti Asuhan Bina Remaja. Panti Asuhan Bina Remaja merawat dan memberikan bimbingan bagi anak-anak yang putus sekolah. Karena pendidikan merupakan aset yang sangat berharga, maka dengan merawat anak-anak putus sekolah, semoga mereka memiliki masa depan yang lebih baik.

Panti Asuhan Indonesia
Para anak-anak di Panti Asuhan Bina Remaja yang diberikan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang dan melatih kemandirian.

4. Panti Sosial Bina Karya

Pada asuhan bina karya adalah panti asuhan yang menampung orang-orang dengan kriteria tertentu seperti, pengemis, gelandangan, atau orang terlantar. 

5. Panti Sosial Bina Daksa

Bagi masyarakat Indonesia yang menyandang cacat tubuh, tidak perlu berkecil hati. Panti sosial bina daksa kini telah banyak hadir di berbagai penjuru daerah di Indonesia guna memberikan fasilitas berupa pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas. Disamping itu, para penyandang disabilitas akan diberikan pelatihan di panti sosial bina daksa ini.

6. Panti Sosial Bina Grahita

Bagi masyarakat Indonesia yang menyandang cacat mental retardasi dan tidak memiliki keluarga atau kerabat yang mampu mengurus, maka bisa di serahkan ke Panti Sosial Bina Grahita untuk mendapatkan pelayanan dan bimbingan terbaik. 

Panti Asuhan Indonesia
Tanggung jawab dari Panti Asuhan Sosial Bina Grahita adalah memberikan rehabilitasi bagi anak asuhnya.

7. Panti Sosial Bina Netra

Terkadang para penyandang cacat netra seolah sudah merasa putus asa, namun ketika mereka dibimbing dan diberi dukungan pasti mereka akan bahagia dan kembali semangat. Nah, itulah salah satu tugas Panti Sosial Bina Netra, yakni memberikan rehabilitasi, pelayanan, dan bimbingan kepada penyandang cacat netra. Sehingga mereka bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik dan mandiri.

8. Panti Sosial Bina Rungu Wicara

Hampir sama seperti Panti Sosial Bina Netra, Panti Sosial Bina Rungu Wicara adalah panti sosial yang menampung anak-anak yang mengalami keterbatasan dalam berbicara. Tugas dari Panti Sosial Bina Rungu Wicara adalah memberikan bimbingan dan pelatihan kepada anak asuhnya agar lebih mandiri dan mempunyai semangat untuk terus belajar. 

9. Panti Sosial Tresna Werdha

Tak jarang kita temukan, banyak orang tua atau lanjut usia yang tidak memiliki rumah, kerabat, atau dalam kata lain mereka hidup terlantar. Kehadiran Panti Sosial Tresna Werdha ini cukup membantu bagi para lansia yang tidak memiliki tempat tinggal. 

Panti Asuhan Indonesia
Kehadirian Panti Asuhan Sosial Tresna Werdha cukup membantu bagi para lansia yang hidup sebatang kara dan tidak memiliki tempat tinggal.

Mungkin ada beberapa dari jenis panti asuhan di atas yang Anda masih asing mendengarnya. Namun, selain 9 jenis panti asuhan tersebut masih ada jenis panti asuhan lain juga. Seperti panti yatim Indonesia, panti asuhan islam, dan masih banyak lagi. 

Jumlah panti asuhan di Indonesia sendiri cukup banyak, tersebar di berbagai daerah. Seperti panti asuhan Yogyakarta, yang jenisnya masih dibedakan berdasarkan jenis anak asuhnya. Namun, banyaknya panti asuhan di sekitar kita, belum semua memiliki tempat yang memadai dan pelayanan yang masih terbatas untuk para anak asuhnya. Kami rasa, panti asuhan di Jogja yang butuh bantuan masih ada. Tentunya, hal ini bisa menjadi ladang amal bagi kita untuk menyisihkan sedikit harta kita. Lalu kita serahkan untuk membantu anak-anak di panti asuhan.

Tujuan dan Tugas dari Panti Asuhan

Secara umum, tujuan dari didirikannya sebuah panti asuhan adalah untuk memberikan pelayanan kesejahteraan sosial pada anak terlantar dengan melaksanakan penyantunan dan pengentasan anak terlantar, memberikan pelayanan pengganti orang tua / wali anak dalam memenuhi kebutuhan fisik, mental, dan sosial kepada anak asuh. Sehingga mereka dapat memperoleh kesempatan yang luas, tepat, dan memadai bagi pengembangan kepribadiannya, sesuai dengan yang diharapkan sebagai bagian dari generasi penerus cita-cita bangsa dan sebagai insan yang akan turut serta aktif dalam bidang pembangunan nasional. 

Salah satu potret para santri putera di Panti Asuan Al-Hakim
Salah satu potret para santri putera di Panti Asuan Al-Hakim

Seperti Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II yang merupakan salah satu panti asuhan di Sleman. Tepatnya terletak di Dusun Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, panti asuhan ini merupakan salah satu panti asuhan islam di jogja atau di Sleman utara. Panti Asuhan Al-Hakim memiliki tujuan atau visi yaitu Berani Hidup, Berakhlaq Mulia.” Diharapkan anak-anak setelah keluar dari panti bisa mandiri dan memiliki akhlaq qurani hidup sejati. Anak-anak di Panti Asuhan Al-Hakim dibimbing dan diberikan pendampingan oleh para pengasuh di panti. Para santri juga bersekolah sesuai jenjang mereka, seperti anak-anak pada umumnya.

PANTI ASUHAN AL-HAKIM SINAR MELATI II
Padasan RT 004 RW 016, Pakembinangun, Pakem, Sleman

(0274) 898222
0856-2631-631
(Ust. Sigit)

Kata Terkait :
panti asuhan indonesia, panti yatim indonesia, panti asuhan di jogja, panti asuhan jogja, panti asuhan yogyakarta, panti asuhan islam di jogja, panti asuhan jogja butuh bantuan, panti asuhan di sleman, 

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!