Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Panti Asuhan Terdekat : Rekomendasi Kegiatan Menarik untuk Anak-Anak di Panti Asuhan

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Panti Asuhan Terdekat : Rekomendasi Kegiatan Menarik untuk Anak-Anak di Panti Asuhan

Foto Tahfidz Al Qur'an

Panti asuhan, sebuah tempat yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Panti asuhan adalah lembaga non-profit yang menampung anak-anak tertentu dan bertanggung jawab untuk merawat dan menyayangi mereka. Jenis dari panti asuhan atau panti sosial asuhan pun bermacam-macam, tergantung dari kelompok anak yang di asuh nya. 

Berbicara mengenai panti asuhan, pernahkah terbesit di benak Anda mengenai keinginan untuk berkunjung ke sebuah panti asuhan atau memberikan sesuatu dan berbagi kebahagiaan kepada mereka? Jika pernah, pasti sebelum melakukan kegiatan tersebut Anda melakukan survei dahulu mengenai dimana letak panti asuhan terdekat yang sekira cocok untuk dikunjungi. 

Nah, jika sudah menemukan panti asuhan terdekat yang sekiranya cocok, maka Anda harus menentukan kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan. Yang pasti, kegiatan tersebut haruslah bermanfaat dan membuat anak-anak bahagia. Berikut ini rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak di Panti Asuhan. 

1. Bakti Sosial

Mungkin kegiatan ini adalah kegiatan yang paling sering menjadi pilihan oleh banyak orang. Kegiatan bakti sosial adalah kegiatan berbagi atas dasar rasa kemanusiaan dengan tujuan untuk meringankan beban dari calon target bakti sosial kita. Nah, untuk melakukan bakti sosial di panti asuhan, terdapat beberapa persiapan yang harus Anda siapkan. Salah satunya adalah Anda harus survey dahulu ke panti asuhan terdekat yang akan menjadi tujuan bakti sosial. Setelah itu kunjungi dan temui pengurus di panti asuhan tersebut lalu tanyakanlah apakah bisa mengadakan sebuah acara bersama anak-anak. Jika sudah dipastikan boleh, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatu yang akan Anda berikan saat bakti sosial.

Bakti sosial di panti asuhan
Bakti sosial di panti asuhan merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk dilakukan

Setelah mendapat izin dari pihak panti, maka saatnya Anda mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Seperti mengumpulkan bahan-bahan yang akan disumbangkan. Anda harus tahu dahulu mengenai kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh anak-anak panti asuhan. Ajaklah teman-teman, saudara, atau komunitas Anda untuk mengikuti kegiatan bakti sosial. Nah, lantas dimana panti asuhan yang dekat sini? Berikut adalah daftar panti asuhan yang bisa Anda jadikan referensi. 

2. Kegiatan Edukatif

Bagi para penggiat sosial, pasti kegiatan yang bertema edukatif merupakan kegiatan yang menarik. Selain bisa berbagi ilmu, berbagi keceriaan, Anda juga bisa berbagi pengalaman kepada anak anak di panti asuhan. Kegiatan edukatif di panti asuhan bisa Anda isi misalnya dengan mengajarkan mengenai tips dan trik dalam belajar, atau pelajaran menghitung yang mudah, atau pun kegiatan motivasi. Ditambah dengan membagikan hadiah atau door-prize kepada anak-anak, maka keceriaan mereka pun akan bertambah. 

Kegiatan edukatif di panti asuhan
Kegiatan edukatif di panti asuhan, Anda bisa berbagi ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak panti.

3. Kegiatan Outing Class yang Edukatif

Kegiatan berbagi keceriaan bersama anak-anak panti asuhan tidak harus berada di dalam ruangan saja. Jika situasi dan kondisi mendukung, maka kegiatan pun bisa dilakukan di luar ruangan atau yang biasa disebut dengan outing class. Di dalam kegiatan outing class tersebut bisa Anda isi dengan kegiatan seperti out bound, senam sehat, atau wisata ke suatu tempat. Namun, perlu Anda pastikan juga mengenai tempat yang digunakan untuk outing class tersebut. Apakah aman dan nyaman untuk anak-anak atau tidak, serta yang penting adalah tersedianya tempat ibadah. 

Opsi yang lain adalah kegiatan berwisata untuk mengenal alam, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran anak-anak dan juga mengenalkan ciptaan-Nya. Terlebih lagi jika diselingi dengan kegiatan muroja’ah atau menghafalkan Al-Qur’an. Dan tentu masih banyak kegiatan lain yang bisa dilaksanakan. 

Kegiatan outing class di panti asuhan
Kegiatan outing class di panti asuhan seperti berkebun ataupun outbound.

4. Membuat Kerajinan

Nah, jika Anda menginginkan kegiatan yang seru dan kegiatan tersebut bisa dilakukan dimana saja, maka Anda bisa memilih kegiatan mengenalkan dan membuat kerajinan bersama anak-anak panti asuhan. Misalnya tentang kerajinan tangan atau handcraft yang mana untuk jenis dan bentuk nya di sesuaikan sesuai kreatifitas dari anak-anak. Yang perlu Anda siapkan adalah bahan-bahan yang akan digunakan dalam kegiatan tersebut. Dan nanti untuk hasil dari kerajinan tersebut akan dimiliki secara pribadi oleh anak-anak. 

Manfaat dari kegiatan ini adalah, bisa menumbuhkan jiwa wirausaha bagi anak-anak. Kemudian, hal ini juga bisa menjadi kegiatan rutin bagi anak-anak panti asuhan yang mana hasil dari produk kerajinan tangan tersebut bisa dijual dan hasilnya bisa untuk untuk membantu pihak panti yang juga untuk memenuhi kebutuhan dari anak-anak. 

5. Memasak Bareng

Kegiatan memasak bareng pun bisa Anda lakukan di panti asuhan bersama dengan anak-anak. Sama hal nya dengan membuat kerajinan, kegiatan memasak bareng ini juga bisa menumbuhkan jiwa wirausaha bagi anak-anak. Memasak bersama-sama kemudian dilanjutkan dengan makan bareng tentunya bisa mempererat kebersamaan antar anak-anak di panti asuhan. 

Kegiatan di panti asuhan
Kegiatan memasak bareng bisa Anda lakukan ketika moment Idul Adha.

Berbagai kegiatan diatas adalah ide dan contoh dari kegiatan yang bisa Anda lakukan di panti asuhan selain bakti sosial. Inti dari semua kegiatan tersebut adalah untuk berbagi keceriaan dan kasih sayang kepada anak-anak panti asuhan. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat menumbuhkan serta menanamkan nilai-nilai positif pada diri kita. Seperti rasa saling menyayangi, rasa saling membantu, dan juga rasa kebersamaan. 

Nah, untuk panti asuhan yang akan Anda sambangi juga harus Anda survey dahulu. Panti asuhan islam terdekat dari sini yang bisa Anda kunjungi adalah Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati II. Panti asuhan yang berada di Pakem, Sleman, Yogyakarta ini merupakan panti asuhan dibawah yayasan Sinar Melati Yogyakarta.

Bagi Anda yang ingin berkunjung untuk mengadakan kegiatan, ataupun memberikan sedikit bantuan untuk operasional panti, silahkan bisa menghubungi nomor berikut :

PANTI ASUHAN AL-HAKIM SINAR MELATI II
Padasan RT 004 RW 016, Pakembinangun, Pakem, Sleman

(0274) 898222
0856-2631-631
(Ust. Sigit)

Kata Terkait :
panti asuhan terdekat, panti asuhan terdekat dari sini, panti asuhan dekat sini, panti asuhan islam terdekat dari sini, panti asuhan yatim piatu terdekat, panti asuhan jogja terdekat, panti asuhan sinar melati,

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!