Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Sabar Dalam Islam Membuahkan yang Manis

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Sabar Dalam Islam Membuahkan yang Manis

Assalamua’laikum warahmatullahi wabarakatuh. hai.. sahabat alhakim hari ini kita akan membahas sebuah materi yang sering kita ucapakn dalam kehidupan sehari hari yaitu sabar dalam islam.
Sabar dalam islam adalah salah satu terapi untuk menyembuhkan penyakit hati. Kata sabar mudah diucapkan namunpenerapan dalam kehidupan sehari hari tidaklah mudah dan perlu kesungguhan. Ketika seseorang yang mendapat musibah dapat menerimanya dengan ikhlas dan sabar, maka Allah akan meninggikan keimanannya dan menyediakan pahala baginya menjadi salah satu keutamaan sabar. Allah SWT tidak akan pernah memberikan cobaan atau ujian yang  berat melebihi kemampuan umatNya. Maka dari itu, kita harus bersyukur kepadaNya ketika Allah memberikan ujian yang bertanda bahwa Allah masih menyayangi umatNya.
Keutamaan Sabar

Allah memerintahkan langsung kepada umat untuk mengaplikasikan sabar dalam setiap masalah yang dilalui, perkara sabar dalam islam memiliki banyak keutamaan baik keutamaan di dunia maupun di akhirat  keutamaan-keutamaan dari sifat sabar dalam agama Islam, diantaranya.

1. Orang yang sabar akan selalu bersama Allah

Sabar adalah suatu tindakan mulia yang dicintai Allah, oleh karena itu siapapun orang yang selalu menerapkan  kesabaran dalam menjalani kehidupannya akan lebih dicintai dan dekat dengan Allah SWT, Allah akan selau menjaga, melindungi dan menyayangi orang yang selalu menerapkan sabar dalam islam di dalam kehidupan sehari hari

2. Bersabar adalah sumber pahala tak terbatas

Dalam QS. Azzumar ayat 10 Allah menjelaskan Dia akan memberikan pahala yang tak terbatas bagi orang orang yang selalu bersabar dalam islam maupun dalam kehidupan sehari hari.

 

 

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu”. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az Zummar:10)

3. Orang yang sabar adalah orang yang mulia

luar biasa nikmat yang Allah berikan kepada umatNya yang benar benar menerapkan islam dalam islam untuk kehidupan sehari hari, sampai Allah pun memuliakannya seperti yang tertuang dalam QS Asyura ayat 43

 

“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS Asy Syura:43).

4. Sabar membuat kita lebih perasa terhadap kekuasaan Allah SWT

Dengan menerapkan sabar dalam islam untuk kehidupan sehari hari menjadikan kita lebih peka terhadap kekuasaan Allah SWT selaku tuhan pencipta alam semesta, seperti yang tertera dalam QS. Asyura ayat 32-33 yang artinya sebagai berikut

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah kapal-kapal di tengah (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung; Jika Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya) bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur.” (Asy-Syura : 32-33)

5. Semua urusan yang di hadapi orang-orang sabar dalm islam adalah baik

sabar dalam islam selalu mendatangkan segala hal baik dalam kehidupan sehari hari, karena semua ujian atau masalah yang datang akan selalu ada hikmah atau kebaikan di balikaya, hal ini dijelaskan di dalam sebuah hadits

Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu’min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Pengertian Sabar Dalam Islam

Kata sabar berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata sobaro , yang artinya menahan.

Secara etimologis sabar dalam islam adalah menahan, secara terminologis sabar dalam islam adalah menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridho Alla SWT

Adapun sabardalam islam lebih luas adalah menahan diri agar tidak mudah marah, megeluh dan  putus asa, melatih diri dalam ketaatan dan membatasidiri agar tidak melakukan perbatan perbuatan mungkar.

sabar dalam islam ada tiga bentuk sabar yaitu, sabar dalam ketaatan,dalam menghadapi musibah, dan sabar dalam menjauhi perbuatan maksiat.
1. sabar dalam ketaatan

Dalam menjalankan ketaatan dan perintah Allah SWT akan terasa berat maka dari tu kita membutuhkan kesabaran yang tinggit malas agar tetap istiqomah dalam menjalankan kewajiban sholat tepat pada waktunya, menjalankan sholat selalu berjamaah, sabar menjalankan puasa dengan menjaga lisan, hati dan pikiran, sabar dalam menuntut ilmu dan lain sebagainya.

2.  sabar menerima cobaan hidup

Orang yang beriman hendaknya bersabar atas segala ujian, cobaan dan musibah yang datang kepadanya. percaya bahwa allah tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan hambanya, dan dalam menghadapi cobaan dengan ikhlas karena sesunguhnya allah bersama orang orang yang sabar.

3. Sabar dalam kemaksiatan

Segala sesuatu yang haram dan dilarang Allah SWT hendaknya dijauhi. Segala bentuk maksiat itu menyenangkan, tetapi karena allah melarangnya maka kita harus menjauhinya. dan jangan sampai semua kesenangan hidup di dunia itu membuat kita lipa diri. oleh karena itu kita memperlkan kesabaran yang tinggu untuk menahan dan menghindari segala macam hal yang dapat menjerumuskan kita dalam perbuatan kemaksiatan.

Dalil Tentang Sabar
Berikut ini ada beberapa ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sabar, diantaranya yaitu:

surat-al-baqarah-ayat-153

 

say@hafiz | 2. AL BAQARAH:153
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar“. (QS. Al-Baqarah: 153)

surat-al-baqarah-ayat-177

 

Tafsir Ibnu Katsir Surat Al-Baqarah ayat 177 | alqur'anmulia
Artinya: “Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa“. (QS. Al-Baqarah: 177)

thoha-ayat-132

 

USNAT TYADY: September 2014
Artinya: “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa”. (QS. Thoha: 132)

surat-az-zumar-ayat-10

 

hukum bacaan pada surah az-zumar ayat 119,, - Brainly.co.id

Artinya: “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas“. (QS. Az-Zumar: 10)

Adapun hadits tentang sabar diantaranya sebagai berikut:

hadits-sabaar
Artinya: “Barangsiapa yang sabar akan disabarkan Allah, dan tidak ada pemberian Allah yang paling luas dan lebih baik daripada kesabaran“. (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, at-Tirmidzi, Nasa’i, Abu Dawud, Malik dan Ad-Darimi)
hadits-sabar
Artinya: “Sangat menakjubkan semua urusan orang yang beriman, sesungguhnya segala urusannya itu sangat baik baginya, dan hal itu tidak dimiliki oleh seorangpun, kecuali orang yang beriman. Apabila ia mendapatkan kesenangan ia bersyukur, maka yang demikian itu sangat baik dan apabila ia tertimpa kesusahan ia sabar, maka yang demikian itu sangat baik baginya“. (HR. Muslim)

sabar
Artinya: “Sabar itu ada tiga yaitu sabar dalam musibah, sabar dalam taat, dan sabar dalam menjauhi maksiat. Barangsiapa bersabar dalam musibah sehingga dikembalikannya dalam keadaan baik atas apa yang menimpa dirinya (ia ridho atas bala’ yang diberikan-Nya), maka Allah akan menulis baginya 300 derajat yang tiap-tiap derajat jaraknya antara langit dengan bumi. Dan barangsiapa bersabar dalam melaksanakan taat, maka Allah akan menuliskannya 600 derajat, tiap dua derajat jaraknya antara langit dunia dengan Sidratul Muntaha. Dan barangsiapa yang bersabar dalam menjauhi maksiat, maka Allah tulis baginya 900 derajat yang jarak dua derajatnya seperti ‘Arasy dua kali“. (HR. Abu Dunya dan Abu Syaikh)

itulah penjelasan tentang sabar dalam islam semoga bermanfaat bagi kita semua. aamiin.

jangan lupa baca juga artikel kami tentang qanaah dalam kehidupan sehari-hari

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

sumber

https://umma.id/post/penting-ini-keutamaan-sabar-dalam-islam-644803?lang=id

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!