Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

5 Cara Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Anak-Anak di Panti Asuhan

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

5 Cara Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Anak-Anak di Panti Asuhan

Panti asuhan islam

Di Panti Asuhan, pembentukan karakter menjadi inti dari pendidikan yang diberikan. Salah satu nilai yang sangat penting untuk ditanamkan adalah rasa tanggung jawab.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab ke anak-anak yang ada di Panti Asuhan.

Kegiatan Kerja Bakti di Sekitar Panti Asuhan
Kegiatan Kerja Bakti di Sekitar Panti Asuhan

Berikut 5 Cara Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Anak-Anak di Panti Asuhan

1. Memperkenalkan Beternak Hewan

Salah satu cara yang terbaik untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak di Panti Asuhan yaitu melalui beternak hewan. Cukup banyak jenis hewan yang bisa dipelihara, contohnya seperti memelihara ayam, bebek, kambing ataupun sapi.

Dari beberapa jenis hewan tersebut, pihak Panti Asuhan bisa memilih mau memelihara yang mana. Namun biasanya, yang paling sering dan mudah dalam pemeliharaan yaitu beternak ayam, seperti ternak ayam kampung atau ayam petelur

Selain modalnya yang tidak terlalu banyak, dalam proses pemeliharaan juga tidak terlalu sulit.

Adanya peternakan ayam ini bisa membuat anak-anak atau santri yang ada di Panti Asuhan memiliki kegiatan yang bermanfaat dan bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri mereka.

Melalui ayam-ayam yang mereka rawat, mereka akan belajar konsistensi, kepedulian dan komitmen. Ini bukan hanya tanggung jawab mereka terhadap hewan, tetapi juga terhadap satu sama lain sebagai tim yang merawat dan menjaga kebersamaan.

2. Memberikan Tugas-tugas Tanggung Jawab

Memberikan tanggung jawab berupa tugas-tugas yang harus dilakukan sehari-hari juga bisa menumbuhkan rasa tanggung jawab ke anak-anak di Panti Asuhan.

Tugas-tugas tersebut contohnya yaitu membersihkan ruangan, merawat tanaman, mengatur jadwal kegiatan dan lain sebagainya.

Dengan memberikan tugas-tugas tersebut, mereka otomatis akan muncul rasa tanggung jawab untuk melakukannya.

3. Mendorong Keterlibatan Sosial

Membawa anak-anak ke acara atau kegiatan sosial di luar Panti Asuhan juga bisa membantu anak-anak untuk mengembangkan rasa tanggung jawabnya.

BACA JUGA:  Usia dan Tempat Sekolah yang Berbeda Tidak Menghilangkan Rasa Kebersamaan Santri Panti Asuhan Al Hakim Yogyakarta

Mengajak untuk terlibat dalam suatu kegiatan amal, partisipasi dalam program kebersihan lingkungan, berkontribusi dalam kegiatan komunitas akan membuka mata mereka akan pentingnya untuk membantu orang lain.

4. Memberikan Contoh Positif

Ustad dan juga ustadzah yang berperan penting di Panti Asuhan harus memberikan contoh yang baik agar bisa diikuti oleh anak-anak.

Dengan menunjukkan rasa tanggung jawab seperti tindakan sehari-hari seperti merawat fasilitas panti asuhan, mengelola waktu atau berkomunikasi yang baik akan membuat anak-anak di Panti Asuhan meniru perilaku tersebut.

5. Memberikan Kesempatan untuk Membuat Keputusan

Selalu memberikan kesempatan ke anak-anak yang berada di Panti Asuhan untuk membuat keputusan akan membantu mereka memahami konsekuensi dari pilihan yang mereka buat.

Memiliki rasa tanggung jawab dalam membuat keputusan, baik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari di panti asuhan maupun dalam megelola tugas-tugas mereka, akan membangun rasa percaya diri dan tanggung jawab.

Penyerahan sembako beras pada masyarakat melalui progam sedekah beras Panti Asuhan Al-Hakim
Penyerahan sembako beras pada masyarakat melalui progam sedekah beras Panti Asuhan Al-Hakim

Tanggung jawab yang ditanamkan pada anak-anak di Panti Asuhan bukan hanya tentang pengalaman saat ini, tetapi juga tentang membekali mereka untuk masa depan yang lebih baik.

Dengan memiliki rasa tanggung jawab, mereka akan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk sukses di berbagai bidang kehidupan, baik dalam pendidikan, karir, maupun dalam kehidupan pribadi.

Keterampilan seperti manajemen waktu, keterampilan kepemimpinan, kemampuan beradaptasi dan rasa percaya diri semuanya dapat ditanamkan melalui pembelajaran tanggung jawab di panti asuhan.

Hal tersebut bisa menjadi investasi dalam pembentukan karakter yang akan membawa dampak positif jangka panjang dalam kehidupan anak-anak.

Semoga bermanfaat…

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!