Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

Keringanan Bagi Yang Berhutang – Al-Baqarah ayat 280

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

Keringanan Bagi Yang Berhutang – Al-Baqarah ayat 280

Surat Al Baqarah ayat 280
Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.
Alhamdulillah hari ini kita sambut hari ke 15 di bulan Muharram. Mari kita makin mendekatkan diri kepada Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى  dengan meningkatkan ibadah kita, baik itu berupa ibadah puasa, salat, sedekah, tadarus Al Qur’an, dan lain-lain.
Selanjutnya mari kita buka Al Qur’an melanjutkan kajian semalam yaitu surat Al Baqarah ayat 280 sebagai berikut :

{2 : 280} وَإِن كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَىٰ مَيْسَرَةٍ ۚ وَأَن تَصَدَّقُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” 
Dan jika orang yang berutang itu sedang dalam kesulitan untuk melunasi, atau bila dia membayar utangnya maka akan terjerumus dalam kesulitan, maka berilah dia tenggang waktu untuk melunasi nya sampai dia memperoleh kelapangan.
Jangan menagih nya jika kamu tahu dia dalam kesulitan, apalagi dengan memaksanya untuk membayar hutang.
Dan jika kamu menyedekahkan sebagian atau seluruh utang tersebut, itu jauh lebih baik bagimu, dan bergegas lah dalam meringankan orang yang berutang atau membebaskannya dari utang jika kamu mengetahui betapa besar balasannya di sisi Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى .

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!