Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta
0838-6918-5523
pantiasuhanalhakim@gmail.com

SEDEKAH ATAU SODAQOH

Panti Asuhan Al Hakim Sinar Melati Yogyakarta - Berani Hidup Berakhlak Mulia

SEDEKAH ATAU SODAQOH

Sedekah atau dikenal sebagai sodaqoh ialah pemberian seorang muslim dengan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari zakat atau infak, karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbang harta. Namun sedekah  mencakup segala amal dan perbuatan baik. Sedekah ini merupakan salah satu bukti iman dan ketaatan manusia kepada Allah swt, bersedekah ini kita juga tidak ada paksaan atau apapun tapi kita bersedekah ini atas dari hati Nurani kita sendiri.

Dalam Alquran pada surah Al-Baqarah Ayat 245 disebutkan yang artinya:

“Dan barang siapa yang ingin memberikan pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan lipat gandakan pembayaran itu kepadanya dengan melipat gandakan yang banyak. Dan Allah sempit kan dan lapang kan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

 

Ayat diatas menggambarkan bahwa sodaqoh memiliki artian mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah swt. Memberikan sedekahnya pada fakir miskin, para kerabat, atau orang yang lain yang dilakukan hanya untuk mengaharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

Ada pun macam macam sedekah sebagai berikut 

Berikut ini beberapa jenis sodaqoh yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari:

 

1.     Tasbih, Tahlil, dan Tahmid

 

 

Dari Aisyah r.a, ia berkata kalau Rasulullah SAW.bersabda,

 “Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka siapa saja yang bertakbir, tahmid, tasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalan, amar ma’ruf nahi mungkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.” (HR. Muslim)

 

2.     Bekerja dan Memberi Nafkah pada Sanak Keluarganya

 

 

Sebagaimana yang sudah diungkapkan dalam sebuah hadist yang artinya:

” Dari Al-Miqdan bin Ma’dikarib Al-Zubaidi ra, dari Rasulullah saw. Berkata, “Tidaklah ada suatu pekerjaan yang paling mulia dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dengan tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya kepada dirinya, keluarganya, anaknya dan pembantunya melainkan itu akan menjadi sodaqoh.” (HR. Ibnu Majah)

 

3.    Shadaqah Harta (Materi)

 

 

Sedekah tidaklah mengurangi harta. Sebagaimana Rasulullah SAW. Bersabda,

 sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Muslim).

 

Meskipun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak seperti dalam firman Allah dalam Surah Saba yang artinya:

 

 Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

 

Sedekah harta salah satunya bisa kamu lakukan untuk membantu penghafal Al-Quran, salah satunya adalah memberikan sedekah kepada para penghafal al- Qura’an yang ada di pondok persantren atu panti asuhan yang ada di sekitar kita.

 

Ada pun keutamaan sedekah ialah sebagai berikut 

1.   Sedekah dapat menghapus dosa 

Dalam sebuah hadits di katakan, yang artinya:

sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadami api.’(Hr. tirmidzi)

Diampuni dosa dengan sebab bersedekah tentu saja harus disertai dengan taubat atau doa, tidak sebagaimana melakukannya dengan sengaja seperti korupsi,narkoba dll. 

2.Orang yang bersedekah dapat dinaungi pada hari akhir 

Dalam hadits diampaikan bahwa:

Seorang yang bersedekah dengan tangan kananya dan membaca doa, ia menyembunyikan amalanya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kananya itu” 

3.Allah melipatgandakan pahala orang yang bersedekah. 

Baik laki laki maupun perempuan yang bersedekah dan meminjamkan hartanya kepada saudaranya maka Allah akan pinjamkan yang lebih baik dan akan dilipa tgandakan oleh Allah niscaya mereka akan mendapatkan pahala dari Allah.

4.Sedekah tak harus selau berupa uang atau harta.

         Kita bersedekah bukan hanya dari harta kita atau uang tapi bisa dari kita meberikan pertolongan atau bantuan kepada orang yang sedan mengalami kasulitan atau kita bisa juga memberikan senyuman kita kepada setiap orang atau kita selalu bersikap ramah kepada semua masyarakat yang ada di sekitar kita dan bisa juga kita mengajarkan ilmu yang kita kiliki kepada orang-orang yang lagi kesusahan belajar, dan dari situlah Allah akan menyediakan balasan balasannya berupa pahala kepada orang yang melakukan hal-hal tersebut. 

 

 

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp kami!